Infrastructure

Jaringan Fiber Optic

Saat ini JATEL telah memiliki jaringan fiber optic di Bandung Metropolitan sepanjang 80 km.

Infrastruktur jaringan fiber optik tersebut dibangun untuk memenuhi kebutuhan akan jaringan komunikasi broadband berbagai komunitas baik kalangan pemerintahan, pendidikan, kesehatan serta dunia usaha serta bidang lainnya di Bandung Metropolitan.

Dari jaringan fiber optic tersebut, JATEL mendedikasikan sebanyak 2 core untuk digunakan sebagai infrastruktur kabel dasar dalam menunjang jaringan komunikasi antar kantor Organisasi Perangkat Dinas (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tower Telekomunikasi

Sesuai keputusan Gubernur Jawa Barat nomor 555/kep.228-PBD/2013, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menunjuk PT. Jabar Telematika sebagai pengelola 28 (dua puluh delapan) unit tower dan pemanfaatan lahan untuk pembangunan 19 (sembilan belas) Tower baru pada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Utilisasi tower komunikasi di Provinsi Jawa Barat tersebut akan diintegrasikan dengan rencana penataan macrocell dan microcell Kota Bandung.

Ducting Bersama

JATEL bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung tengah menyiapkan pembangunan Saluran Kabel Serat Optik Bawah Tanah Bersama (Ducting Bersama) di Kota Bandung.

Program Ducting Bersama ini merupakan hasil inisiatif kerjasama antara Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung sebagai solusi atas kebutuhan infrastruktur broadband dan tuntutan estetika kota.

Pada tahap awal, akan dibangun Ducting Bersama Kota Bandung sepanjang 111,5 km dengan jumlah selongsong sebanyak 28 unit.

Program Ducting Bersama ini kedepannya akan diimplementasikan di beberapa daerah lainnya di Jawa Barat, juga nasional.

Data Center Jabar Cyber

Saat ini JATEL bekerjasama dengan China Comservice tengah menyiapkan pembangunan Data Center Jabar Cyber seluas 2.000 m2berklasifikasi Tier 3 di Bandung.

Data Center Jabar Cyber tersebut merupakan kombinasi Corporate dan Internet Data Center untuk memenuhi kebutuhan segmen pemerintahan, korporat dan para operator terhadap data center yang proper di Jawa Barat.