Sekilas JABARTEL

PT Jabar Telematika (Jabartel) adalah sebuah perseroan terbatas yang merupakan anak perusahaan dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, PT Jasa Sarana, yang berdiri sejak tahun 2006 dengan maksud dan tujuan yaitu dalam rangka mengelola potensi di bidang jasa layanan komunikasi, teknologi informasi dan multi media secara profesional, handal dan efisien khususnya di Wilayah Jawa Barat, sehingga mampu memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat dan membantu menggerakkan perekonomian daerah.
Jabartel memiliki kegiatan usaha diantaranya dalam bidang penyelenggara jasa dan jaringan telekomunikasi, serta sedang merencanakan pembangunan infrastruktur jaringan komunikasi data untuk menunjang kebutuhan sektor pemerintahan, korporat dan layanan public khususnya dalam rangka menunjang implementasi program JABAR CYBER PROVINCE (JCP).

Jaringan Fiber Optic
Saat ini Jabartel telah memiliki jaringan fiber optic di Bandung Metropolitan sepanjang 80 km yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan akan jaringan komunikasi broadband berbagai komunitas, baik kalangan pemerintah, pendidikan, kesehatan maupun dunia usaha serta bidang lainnya. Dari jaringan fiber optic tersebut, Jabartel mendedikasikan sebanyak 2 core untuk  digunakan sebagai infrastruktur kabel dasar dalam menunjang jaringan komunikasi antar kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Tower Telekomunikasi
Jabartel dinyatakan sebagai pemenang lelang sebagaimana tercantum dalam Pengumuman Pemenang Nomor 013/UM.KP.Tower/XII/2012 tanggal 5 Desember 2012, yang selanjutnya dikukuhkan dengan Keputusan Gubernur Jawa Barat Nomor 555/Kep.228-PDB/2013 tanggal 22 Pebruari 2013 tentang Optimalisasi Pengelolaan Tower pada Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan pembangunan 19 tower baru dan optimalisasi fungsi 28 unit tower yang terletak di 28 Gedung Kantor Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Ducting Bersama
Jabartel bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung tengah menyiapkan pembangunan Saluran Kabel Serat Optik Bawah Tanah Bersama (Ducting Bersama di Kota Bandung) yang merupakan hasil inisiatif kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Pemerintah Kota Bandung sebagai solusi atas kebutuhan infrastruktur broadband dan tuntutan estetika kota.
Pada tahap awal, akan dibangun Ducting Bersama Kota Bandung di sepanjang 111,5 km dengan jumlah selongsong sebanyak 28 unit.
Saat ini Jabartel bekerjasama dengan 15 operator di wilayah Kota Depok tengah melaksanakan penataan kabel udara Jalan Margonda Raya Kota Depok. Kegiatan yang mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Depok, Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Kota Depok, serta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Kota Depok tersebut digagas oleh Jabartel demi estetika Kota Depok. Walikota Depok menaruh harapan cukup besar kepada Jabartel untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan kabel udara di Kota Depok terkait banyaknya kabel yang turun ke bawah mengganggu lalu lintas jalan di Kota Depok.
Program Ducting Bersama ini kedepannya akan diimplementasikan di beberapa daerah lainnya di Jawa Barat, dan juga nasional.

Data Center Jabarcyber
Saat ini Jabartel bekerjasama dengan China Comservice tengah menyiapkan pembangunan Data Center Jabar Cyber seluas 2.000 m2 berklasifikasi Tier 3 di Bandung.
Data Center Jabar Cyber tersebut merupakan kombinasi Corporate dan Internet Data Center untuk memenuhi kebutuhan segmen pemerintahan, korporat dan para operator terhadap data center yang proper di Jawa Barat.

Digital Advertising
Dengan konsesi dan teknologi yang dimliki oleh Jabartel, tahun ini akan dibangun videotron sebagai media komunikasi digital di beberapa titik di Kota Bandung, Subang dan kabupaten lain di Jawa Barat. Digital Advertising nantinya akan membantu pemerintah dalam mensosialisasikan program-program kerja dan keberhasilan pemerintah kota/kabupaten dan provinsi di Jawa Barat.

Internet of Think’s (IoT)
Dengan perkembangan internet yang sangat pesat maka IoT adalah sebagai jawaban dari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat dan pemerintah. Solusi-solusi yang berbasis IoT menjadi kebutuhan yang harus segera diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu ijinkan kami membangun Jawa Barat Berkelanjutan dengan solusi IoT. Saat ini sedang dalam tahap pembangunan sistem aplikasi Portal Monitoring Pembangunan Jawa Barat Berkelanjutan menjadi Smart Province.

 

MISI KAMI

  1. Menjadi penyedia utama infrastruktur teknoloi informasi di Jawa Barat;
  2. Menjadi penyedia Data Center untuk seluruh client Jawa Barat;
  3. Menjadi penyedia konten kebanggaan masyarakat Jawa Barat;
  4. Menjadi perusahaan IT dengan nilai Asset minimal 150 Milyar pada tahun 2018;
  5. Menjadi perusahaan bersertifikasi ISO 9001 pada tahun 2017;

VISI KAMI

"Menjadi penyedia Infrastruktur Teknologi Informasi, Komunikasi dan Konten (TIK/ICT) pada lingkup Jawa Barat dan nasional untuk menunjang akselerasi perekonomian dan pembangunan yang mampu memberikan nilai tambah yang berkelanjutan bagi para stakeholders."